Mengatasi Layar Laptop Hitam

Written By Defit Tri Hantoro on Sunday, December 21, 2014 | 5:41 PM




Pernahkah anda mengalami layar laptop/komputer/notebook blank berwarna hitam, atau hanya ada wallpapernya saja, atau juga Shortcut, Taskbar, Start di Desktop hilang semua. Ini dapat diatasi dengan mudah, asalkan laptop/komputer/notebook anda Windows Task Managernya aktif, jika tidak aktif, anda dapat membaca  artikel Cara Mengaktifkan Windows Task Manager. Sebenarnya penyebab utama layar laptop/komputer/notebook blank ini adalah explorer.exe hilang atau rusak. Biasanya ini karena explorer.exe terinfeksi virus lalu tertangkap antivirus dan explorer.exe ikut terblok bersama virus-virus tersebut. 

Yang dapat anda lakukan dalam keadaan ini, anda harus memunculkan kembali explorer.exe di 
laptop/komputer/notebook anda. ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk membukanya. Beberapa di antaranya menggunakan Task Manager, untuk memunculkan task manager, tekan saja CTRL+ALT+DELETE secara bersama-sama. dan pilih Start Task Manager. Maka akan muncul seperti ini:

Beberapa cara untuk mengatasi desktop blank dengan task manager adalah :
1. Coba jalankan explorer.exe
Klik New Task>>Ketikkan Explorer.exe>>Klik
2. Jalankan system restore untuk mengembalikan pada kondisi tanggal sebelumnya.
Klik New Task>>Browse>>C:\Windows/system32/restore/rstrui.exe>>Klik
3. Untuk membuka program atau file.
Klik New Task>>Browse>>cari program di C:\program files, atau dimana file anda tersimpan>>klik OK.
4. Scan computer menggunakan antivirus yang update.
Untuk scan dengan antivirus, disarankan dijalankan pada “SAFE MODE”. Setelah pada kondisi safe mode >> buka task manager,Klik New Task >> Browse >> C:\program files/”antivirus yang terinstall”>>klik OK.
5. Mengganti nama / me-rename file explorer.exe.
Copy file explorer.exe dari computer lain, kemudian rename dengan nama sesuka anda, misal “sobat.exe” (tanpa tanda petik), kemudian paste di C:\Windows dikomputer yang bermasalah. (Cara pastenya tentu juga menggunakan task manager). Pada jendela task manager, klik New Task>>ketikkan regedit. Maka muncullah jendela registry Editor. Masuk pada HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows NT\Current Version\Winlogon. Pada jendela sebelah kanan, klik ganda “shell” kemudian ganti value datanya dari explorer.exe menjadi sobat.exe (sesuai dengan nama yang telah anda buat tadi) >> klik OK tutuplah registry editor, dan kemudian restart computer.
6. Repair dengan menggunakan CD windows anda.
Jika masih belum bisa atau masih terjadi trouble, lakukan repair dengan menggunakan cd windows yang anda punya.
7. Cara yang paling akhir mujarab dan aman, adalah dengan install ulang windows anda.
Saran : gunakan antivirus yang selalu update di komputer anda dan buatlah restore point untuk berjaga-jaga kalau windows rusak atau crash.

Semoga postingan di atas bermanfaat bagi anda. Jika ada pertanyaan silahkan tulis di kotak komentar. Jika ada kekurangan mohon maaf. Jika ada kelebihan nggak usah dikembalikan.
Terima kasih sudah membaca dan mengunjungi blog ini. Salam 3 Defit.
Blog, Updated at: 5:41 PM

0 komentar:

Post a Comment

Peraturan Berkomentar

-Dilarang Berkomentar Sebelum Membaca Artikel Di Atas
-Dilarang Menautkan Link Aktif Di Komentar
-Dilarang Berkomentar Menyinggung Pihak Manapun
-Dilarang Beriklan Pada Kotak Komentar