Apa itu Aurora?

Written By Defit Tri Hantoro on Saturday, April 26, 2014 | 7:42 PM





Aurora
 adalah fenomena alam yang menyerupai pancaran cahaya yang menyala-nyala pada lapisan ionosfer dari sebuah planetsebagai akibat adanya interaksi antara medan magnetik yang dimiliki planet tersebut dengan partikel bermuatan yang dipancarkan oleh Matahari (angin surya).

Pada ketinggian 200-500 KM, di Atmosfer kutub terdapat pendaran cahaya yang sangat indah. Cahaya yang ada di langit itu dinamakan Aurora. Cahaya langit yang berada di Kutub Utara dinamakan Aurora Borealis. Cahaya langit yang berada di Kutub Selatan dinamakan Aurora Australis. 

Aurora terjadi di kutub karena aurora adalah fenomena elektro-magnetik. aurora sebenarnya terjadi pada posisi yang sangat tinggi 80 km diatas kutub, aurora dihasilkan oleh partikel nitrogren yang terionisasi oleh solar wind/partikel bermuatan dari matahari yang dialirkan oleh magnetosphere bumi ke arah kutub. akibatnya pada ionosfer diatas wilayah kutub partikel ini terkumpul dan melepaskan muatanya dalam bentuk cahaya ... inilah yang akhirnya diamati sebagai aurora .... jika magnetosphere bumi berubah atau melemah maka aurora dapat muncul dimana saja di lapisan ionosfer bumi ... 

Fenomena Aurora terjadi karena tumbukan atom-atom yang mengenai partikel-partikel yang memiliki muatan, terutama elektron dan proton yang berasal dari Matahari. Partikel-partikel ini, kemudian terlempar dengan kecepatan tinggi yang lebih dari 500 mil per detik, kemudian terhisap oleh medan magnet Bumi yang berada di sekitar kutub utara dan selatan




Proses terjadinya aurora menimbulkan cahaya berwarna yang merupakan hasil dari partikel dan atom berbeda yang mengalami benturan. Perbedaan warna-wanBeberapa warna yang dihasilkan karena fenomena aurora, yaitu :
  • Aurora hijau – Hal ini terjadi akibat benturan partikel elektron dengan molekul nitrogen.
  • Aurora merah – akibat terjadinya benturan antara partikel elektron dengan atom oksigen.
  • Aurora hijau dan kuning – Terjadi karena partikel dengan muatan bertabrakan dengan oksigen
  • Aurora biru – Ketika terjadi tabrakan antara partikel dengan nitrogen.
Thanks to Blogging.co.id
Blog, Updated at: 7:42 PM

0 komentar:

Post a Comment

Peraturan Berkomentar

-Dilarang Berkomentar Sebelum Membaca Artikel Di Atas
-Dilarang Menautkan Link Aktif Di Komentar
-Dilarang Berkomentar Menyinggung Pihak Manapun
-Dilarang Beriklan Pada Kotak Komentar