Apa itu Magnetosfer?

Written By Defit Tri Hantoro on Saturday, April 26, 2014 | 7:24 PM

Kamu tahu bahwa matahri menghasilkan angin yang berhembus hingga  ke ujung Tasa Surya. Angin Matahari membawa partiikel-partikel berbahaya. Bumi dapat bertahan dari hembusan angin Matahari karena memiliki tameng yang disebut Magnetosfer.

Magnetosfer Bumi adalah suatu daerah di angkasa yang bentuknya ditentukan oleh luasnya medan magnet internal Bumi, plasma angin surya, dan medan magnet antarplanet. Magnetosfer berfungsi sebagai penangkal petir bagi Bumi, yang berarti lapisan ini menangkal radiasi berbahaya yang berasal dari matahari (misalnya, partikel alphabeta, atauangin surya dan semburan massa korona (coronal mass ejection, CME)
Magnetosfer ditemukan oleh satelit buatan pada akhir tahun1950-an. Magnetosfer berada jauh di atas Atmosfer. Magnetosfer berasal dari medan magnet bumi. Kita tahu bahwa inti Bumi merupakan bulatan padat sedangkan iti luar merupakan inti cair. Saat inti cair berputar, inti dalam tidak ikut berputar. Karena proses ini, munculah efek dinamo yang menimbulkan medan magnet bumi.



Blog, Updated at: 7:24 PM

0 komentar:

Post a Comment

Peraturan Berkomentar

-Dilarang Berkomentar Sebelum Membaca Artikel Di Atas
-Dilarang Menautkan Link Aktif Di Komentar
-Dilarang Berkomentar Menyinggung Pihak Manapun
-Dilarang Beriklan Pada Kotak Komentar