Cara buat laptop jadi wifi hotspot (Windows XP)

Written By Defit Tri Hantoro on Wednesday, April 30, 2014 | 2:00 PM

Sebenarnya jika anda tahu lebih banyak tentang laptop yang anda gunakan sehari-hari, anda dapat menggunakan laptop anda ini, sebagai wifi hotspot. selain lebih mudah, anda juga dapat memanjangkan umur hp dan modem anda, karena anda tidak harus berkali-kali memindahkan kartu yang anda gunakan untuk internetan ini, dari hp ke laptop ataupun sebaliknya. Misalnya saya mempunyai sebuah kartu yang saya gunakan untuk internetan. Ketika saya ingin menggunakan kartu ini di hp, maka saya harus mencopot kartu ini dari modem saya. Lalu setelah saya bosan menggunakan hp saya ini dan saya ingin menggunakan kartu ini di laptop, maka saya harus mencopot kartu dari hp ini juga dan memasangnya di modem. Biasanya kalau hp/modem sering diperlakukan seperti itu, maka akan menyebabkan hp/modem tersebut rusak. Dan jika anda khawatir akan hal ini, tetapi harus melakukannya, saya punya jalan keluar. Syaratnya laptop anda bersistem operasi Windows XP. Dan Hp anda bersistem operasi Android. Nantinya, laptop anda akan digunakan sebagai wifi hotspot. Maka, walaupun anda memerlukan kartu yang sedang anda gunakan di laptop untuk hp anda (untuk kebutuhan internet) anda hanya harus mengaktifkan wifi di hp anda, dan menggunakan internet dari laptop anda, tanpa harus mencopot kartu. Wifi disini menggunakan koneksi Ad-Hoc


  1. Klik Start >> Control Panel >> Network Connections >> Wireless Network Connections (Klik Kanan) >> Properties
  2. Setelah terbuka pilih tab Wireless Networks yang ada ditengah, >> Add
  3. Setelah terbuka jendela baru isi Network name (SSID) dengan nama terserah sobat, misalnya “My Wifi Hotspot” itu nanti yang jadi nama wifi sobat, terus hilangin centang The key is provided or me automatically biar kita bisa bikin password (network key) biar nggak sembarang orang pake koneksi kita. Lalu sobat isi network key dengan 13 karakter (bisa huruf atau angka, tapi dingat ya) begitu juga dengan confirm network key harus sama.
    Jangan lupa centang 
    This is a computer to computer (ad hoc) network: wireless access points are not usedLalu klik OK.
     
  4. Kembali ke jendela Wireless Network (N0:2) klik tab Advanced dan centang atau check list Allow other network users to connect throught this computer’s Internet connectionLalu klik OK, 

Itulah Cara buat laptop jadi wifi hotspot (Windows XP) Ingat hanya untuk Windows XP, jadi jika anda menggunakan Windows 7, maka anda tidak dapat menggunakan cara ini sepenuhnya, tetapi anda dapat kira-kira, karena settingannya tidak jauh berbeda antara Windows XP dengan Windows 7
Blog, Updated at: 2:00 PM

0 komentar:

Post a Comment

Peraturan Berkomentar

-Dilarang Berkomentar Sebelum Membaca Artikel Di Atas
-Dilarang Menautkan Link Aktif Di Komentar
-Dilarang Berkomentar Menyinggung Pihak Manapun
-Dilarang Beriklan Pada Kotak Komentar